Senin, 22 April 2013

Tips Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien


Kali ini sekoninifo akan membahas tentang Tips Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien. Belajar adalah faktor pendukung kesuksesan dalam ujian. Jika anda kurang belajar maka kemungkinan besar hasil ujian anda kurang memuaskan. Dengan belajar kita juga akan dapat melewati ujian dengan baik. Tapi banyak orang yang belum mengetahui cara belajar yang efektif dan berhubung "UJIAN NASIONAL" udah di depan mata, kali ini sekoninfo akan berbagi tips yang berguna buat teman-teman sekalian. Tidak hanya yang mau ujian tapi dalam pembelajaran setiap hari juga bisa diterapkan. Langsung saja  anda ikuti Tips Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien :
  • Buat suasana belajar yang nyaman, Yang perlu anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara : anda bisa belajar sambil mendengarkan music, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman, diruangan ber-AC dan di pinggir hutan#plak bercanda haha.
  • Merangkum pokok pembelajaran, Mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena jika anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambil lah intisari dari pelajaran tersebut. Disamping kita akan mudah mengingatnya juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.
  • Belajar bersama, Metode ini sering kali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran / materi yg akan di serap. Selain itu hal - hal yg belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.
  • Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu, Metode ini yang paling sering digunakan menjelang ujian. Karena banyak yang tidak bisa dalam menghafal, jadi dengan menggunakan nama-nama yang hampir mirip, kita mungkin dapat mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.
  • Belajar dengan prakti, Semua orang pasti udah tahu, belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Yah, Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan, bisa menyebabkan jenuh, cobain saja untuk melakukannya praktik langsung. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asyik.
  • Mengerti bukan menghafal, Ini dia hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya ini tidak salah, cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

Intinya di sini adalah usaha, kerja keras mutlak diperlukan. Semuanya butuh kedisiplinan dan tekad yang kuat untuk melakukannya, menjadi lebih baik. Serta yang paling utama diantara terutama yaitu BERDOA. Hanya kepada-Nya semua keputusan, Ia yang Maha Menetukan, maka selalu berdoa dengan khusuk, agar dimudahkan jalan.
Sekian pembahasan sekoninfo mengenai Tips Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien. Semoga bermanfaat buat teman - teman sekalian yang membaca.

Share this article :
Tombol Untuk Menulis Komentar pada Blog
Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk menanggapi, mengkritik atau memberikan saran untuk blog ini. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan isi postingan. Jika komentar Anda tidak dimunculkan, mungkin tidak sesuai dengan isi postingan atau mungkin langsung masuk kotak spam blog ini dan jangan menyertakan link aktif pada isi komentarnya.

2 komentar:

Boleh di coba nih caranya.

BW ya.

silahkan mas, terima kasih atas kunjungannya